Posted by : Unknown Senin, 26 Mei 2014


KEDATANGAN BANGSA EROPA KE AMERIKA

*      LATAR BELAKANGBANGSA EROPA DATANG KE AMERIKA

Amerika latin berasal dari kata “Latin” pada Amerika Latin berarti “Latium” merupakan rumpun bangsa Romawi termasuk rumpun bangsa-bangsa Portugis, Spanyol, Italia, Inggris serta bangsa-bangsa Eropa lainnya. Amerika Latin mendapat banyak pengaruh dari bangsa-bangsa Eropa, baik politik maupun kebudayaan.Sebagian besar negara-negara di Amerika Latin merupakan daerah kekuasaan Spanyol dan Portugis.Namun pada dasarnya Amerika Latin tidak hanya dipengaruhi politik dan kebudayaan Spanyol dan Portugis saja, tetapi juga oleh Inggris, Perancis, Belanda dan Amerika Serikat.
Pada awalnya para penjelajah Eropa melakukan pelayaran dengan kepentingan pribadi maupun ditugaskan oleh pemerintahnya.Dan penjajahan bangsa Barat di Amerika Latin mempunyai persamaan yaitu menemukan daerah-daerah baru kemudian dikuasai dan dijadikan koloni. Perkembangan dunia pelayaran dan kebutuhan akan daerah baru baik untuk keperluan ekonomi maupun politik mendorong bangsa Eropa untuk mencari daerah kekuasaan. Khususnya Amerika Latin, merupakan daerah yang kaya akan sumber daya alam terutama bahan tambang yang sangat menggiurkan bangsa Eropa. Dan untuk itu bangsa Eropa melakukan kolonialisasi terhadap Amerika Latin yaitu Portugis, Spanyol dan Inggris.

*      AWAL KEDATANGAN BANGSA EROPA DI AMERIKA
Orang pertama yang tinggal di belahan bumi barat adalah keluarga band (Viking) dari pemburu dan pengumpul yang bermigrasi dari timur laut asia selama zaman es besar terakhir, yang berakhir sekitar 12.000 tahun yang lalu. Perjalanan dari Siberia ke alaska melintasi sebuah jembatan tanah terbentuk ketika glaciation menurunkan permukaan laut dan terkena lahan kering di Selat Bering.
Para imigran'' pertama'' tidak sadar bahwa mereka sedang bermigrasi, tetapi hanya mengikuti kawanan hewan yang bergerak di depan mereka. Bukti arkeologi menunjukkan bahwa penempatan penduduk serampangan benua Amerika berlanjut di gelombang berturut-turut selama ribuan tahun sampai gletser mencair dan air laut naik terendam jembatan darat.

Sejarah menyebutkan bahwa Benua Amerika pertama kali ditemukan oleh Christopher Columbus.Hal yang telah menjadi pengetahuan umum semua anak manusia dibumi ini.
Orang eropa pertama yang mendaratkan kaki ke Amerika utara adalah Kaum Norse (norwegia) yang berlayar ke Greenland dimana The Red Eric  mendirikan sebuah pemukiman sekitar tahun 985. Penemuan benua amerika oleh Christofer Colombus dan dilanjutkan oleh Amerigo Vespucci yang waktunya tepat dan melakukan pemetaan membuat orang Eropa berbondong-bondong datang ke Amerika.
Alasan orang Eropa migrasi ke Amerika (khususnya orang-orang inggris)
1.      Ekonomi, ditemukannya batu bara, mesin uap, minyak bumi dan teknologi lain. Revolusi industry mengubah sistem ekonomi yang dulunya peternakan menjadi pertanian sehingga membutuhkan lebih banyak lahan.
2.       Politik, tidak setuju dengan pemerintah Ingris sehingga banyak yang mencari suaka ke tempat lain.
3.      Agama, mencari tempat yang bisa menjalankan agama secara murni (Kristen puritan
            Namun berbagai literatur dan bukti-bukti fisik berupa prasasti, manuscript dan kabar berita lainnya menyebutkan lain, bukan Colombu penemu benua amerika. 70 tahun sebelum Columbus menjejakkan kaki di amerika, daratan yang disangkanya India, Laksamana Muslim dari China bernama Ceng Ho (Zheng He) telah mendarat di Amerika. Bahkan berabad sebelum Ceng Ho, pelaut-pelaut Muslim dari Spanyol dan Afrika Barat telah membuat kampung-kampung di Amerika dan berasimilasi secara damai dengan penduduk lokal di sana. Penemu Amerika bukanlah Columbus.Penemu Amerika adalah Umat Islam.Mereka menikah dengan penduduk lokal, orang-orang Indian, sehingga menjadi bagian dari local-genius Amerika.

*      TUJUAN BANGSA EROPA DATANG KE AMERIKA
Datangnya bangsa Eropa ke Amerika di perkirakan tahun 1600M.Gelombang perpindahan ini berlangsung lebih dari 300 tahun.Kelompok yang paling banyak datang berasal dari Inggris.Wilayah pemukiman pertama Inggris di Amerika adalah pos perdagangan yang didirikan di James Town tahun 1607.Daerah virgina merupakan pusat perekenomian utama bagi penghasil tembakau.
Tujuan bangsa Eropa masuk ke Amerika yaitu ada beberapa hal, yaitu:
1.      Untuk memperoleh kesempatan ekonomi yang lebih baik.
2.      Mencari kebebasan untuk berpolitik.
3.      Mencari kebebasan untuk beragama.
4.      Adanya factor renaissance dan reformasi.
5.      Pengaruh adanya kemajuan teknologi.
Diantara negara-negara Eropa yang selalu terlibat dalam persaingan memperebutkan daerah baru di Amerika adalah Inggris dan Perancis.Banyaknya pertentangan yang terjadi di Amerika tidak terlepas dari pertentangan politik yang terjadi di Eropa antara kedua negara tersebut.Pertentangan politik berubah menjadi peperangan yang dikenal dengan Perang Tujuh Tahun (1756-1763).Peperangan di Eropa terjadi pula di daerah koloni, antara koloni Inggris dan koloni Perancis.Perang selama tujuh tahun tersebut dimenangkan oleh Inggris pada tahun 1763.

*      ZAMAN KOLONISASI BANGSA BARAT DI AMERIKA
Pembentukan koloni telah dimulai oleh Columbus pada pelayaran kedua tahun 1493, yaitu dengan mendirikan perkampungan di Hispaniola (Haiti).Namun, perkampulan itu terebengkalai akibat terjadinya pembangkangan para awak kapal.Pembentukan koloni di Amerika Utara dirintis oleh Jaques Cartier.Ia mendirikan perkampungan di Quebec tahun 1541, dekat perkemahan suku Ironquis. Koloni berikutnya adalah koloni Roanoke yang didirikan Sir Walter Raleigh tahun1587. Kedua koloni tersebut tidak dapat dipertahankan, akibat terjadi perselisihan dengan suku Ironquis.Sejak kegagalan pendirian koloni di Amerika Utara itu, bangsa Eropa meragukan apakah Benua Amerika layak untuk dihuni.
            Dalam kondisi keraguan itu, di Inggris bermunculan kongsi dagang yang berniat mendirikan koloni di Amerika.Mereka tertarik oleh kekayaan alam di Amerika Utara, yang menurut mereka sangat menguntungkan bagi investasi (penanaman modal).Melihat hal itu, Parlemen Inggris memberikan hak penuh kepada kongsi dagang yang ingin menanamkan modal dan membentuk koloni.Koloni Perancis meliputi daerah dari aliran sungai Missisipi di sebelah selatan dan anak sungainya sampai dengan Kanada.Sementara Inggris menguasai daerah yang berbatasan dengan lautan Atlantik di sebelah timur dan pegunungan Alleghary di sebelah barat.Koloni Inggris di utara berbatasan dengan koloni Perancis dan sebelah selatan berbatasan dengan koloni Spanyol (di Florida).
Koloni di Amerika yang dirintis oleh para kongsi dagang dimulai dari sebelah timur. Adapun koloni-koloni yang berdiri sebelum Revolusi Amerika adalah sebagai berikut:
·         Virginia
Koloni ini didirikan pada tahun 1607 oleh kongsi dagang Inggris bernama Virginia Bay Company.Nama Virginia diambil sebagai penghormatan kepada Ratu Elizabeth I, yang berjulukan Virgin Queen.Gubernur pertama Virginia adalah Sir Thomas Dale.Ia memerintah seperti militer. Gubernur berikutnya adalah Sir Goerge Yeardley. Pada masa pemerintahannya didirikan dewan perwakilan dengan nama House of Burgesses. Tahun 1624, pemerintah Inggris mengambil alih Virginia, setelah koloni itu dilanda berbagai masalah dari tahun 1619 sampai dengan 1624.Masalah itu diantaranya adalah bangkrutnya Virginia Company, epidemi, serangan suku Indian, dan masalah sosial akibat aksi protes atas pemberlakuan pajak.

·         Maryland
Tahun 1632 di sebelah utara Virginia, Lord Baltimore, mendirikan koloni bernama Maryland. Nama tersebut diambil dari nama Ratu Perancis bernama Henrietta Maria. Sejak awal berdirinya koloni ini berkembang pesat.Keluarga Baltimore menduduki posisi penting dalam pemerintahan, karena koloni ini dikelola oleh perusahaan pereseorangan.Posisi penting tersebut berakhir sampai tahun 1715, setelah terjadi perubahan kekuasaan di Kerajaan Inggris.Sejak tahun itu pula, Maryland diambil alih oleh pemerintah Inggris.Meskipun demikian, keluarga Baltimore tetap memiliki hak istimewa.

·         New England
ini dirintis oleh William Bradford sebagai pemimpin kelompok pelarian gereja Anglican Inggris. Nama koloni pada awalnya Plymouth.Dalam perkembangannya koloni ini secara bertahap mengalami perkembangan dalam bidang ekonomi.Sedangkan keadaan politik cenderung stabil setelah terjadi perjanjian damai antara sesama kaum kolonis ataupun antara kaum kolonis dan suku Indian.Nama koloni Plymouth berubah setelah diambil alih oleh Massachusets Bay Company. Nama koloni baru itu adalah New England yang diusulkan oleh Kapten John Smith sebagai penghormatan terhadap dewan New England di Inggris yang telah memberikan izin pada kongsi tersebut untuk menanampkan usaha di Amerika Utara.

·         New York
Pada awalnya koloni ini bernama Nieuw Amsterdam, sesuai dengan perintisnya, yaitu kongsi dagang Belanda 1624.Pada tahun 1664 diambil alih oleh Inggris dan namanya diganti dengan mana New York. Nama itu diambil sesuai dengan nama Duke of York yang berkuasa di Inggris dengan gelar James II.

·         Pennsylvania
Koloni ini merupakan pengembangan dari koloni New York.William Penn merupakan perintis terbentuknya koloni ini.Penn mengembangkan semangat liberal di koloni in. Hal itu disebabkan karena ia penganut Quaker (salah satu sekte Kristen Protestan). Kebijakan yang bersifat liberal itu membuat Pennsylvania berkembang pesat.
Sepanjang tahun 1600 sampai dengan 1750 di Amerika Utara berdiri 13 koloni. Ketiga belas koloni itu:
1.      New Hampshire
2.      Massachusets
3.      Rhode Island
4.      Connecticut
5.      New York
6.      New Jersey
7.      Pennsylvania
8.      Delaware
9.      Maryland
10.  Virginia
11.  North Carolina
12.  South Carolina
13.  Georgia
Koloni-koloni tersebut dalam pembentukan negara Amerika Serikat nanti sangat menentukan dan menjadi inti negara.Pada awal abad ke-17, pembentukan koloni di Amerika Utara dirintis oleh Inggris.Sementara pada akhir abad ke-17, negara Eropa lainnya mulai melakukan perpindahan ke Amerika.Migrasi secara besar-besaran terjadi di wilayah Eropa daratan, Skotlandia, dan Irlandia.Di Amerika mereka bergabung dengan bangsa Inggris yang telah mendahuluinya.Pertemuan dan perpaduan budaya antara meraka melahirkan satu ciri khas bangsa Amerika yang berbeda dengan Inggris.Selain itu tiap koloni berhak untuk membuat hukum sendiri, melakukan perjanjian dengan penduduk setempat, dan menunjuk gubernur sendiri sebagai pemimpin pemerintahan.Sebagai sumbangannya, tiap koloni harus membayar pajak penghasilan pada pemerintah Kerajaan Inggris.Koloni-kolini di Amerika berkembang menurut kekhasannya masing-masing dan otonom.keadaan itu pada akhirnya menjadi penyebab bangsa Amerika melakukan revolusi.

*      KOLONIALISASI BANGSA PORTUGIS dan SPANYOL DI AMERIKA LATIN
Kedatangan Spanyol dan Portugis di Amerika Selatan/Latin lebih didorong oleh keinginan untuk melakukan penjajahan dan pengeksplotasian terhadap sumber daya alam di wilayah jajahan (Amerika Latin).
Kawasan Amerika latin dikembangkan/diselidiki oleh kaum petualang. Kaum petualang ini dalam melakukan ekspedisinya dengan biaya dari negara mereka asal (Spanyol dan Portugis), maka kawasan yang ditemukan berusaha untuk ditaklukkan dan dikuasai.Wilayah yang dikuasai tersebut dibentuk dalam sebuah koloni.Nampaknya ada persamaan antara Inggris dengan Spanyol serta Portugis.Motif ekonomi mengambil peran di belakang terjadinya migrasi.Inggris untuk mengatasi pengangguran, walau yang mendominasinya adalah penindasan keagamaan terhadap kaum Puritans. Sementara Spanyol dan Portugis membutuhkan bahan baku untuk produksi dan djual di pasaran Eropa.
Proses penaklukan terhadap penduduk Pribumi Amerika Selatan dilakukan dengan perang. Misalnya: seperti kawasan Meksiko yang di taklukan oleh Spanyol pada 13 Agustus 1521 dalam sebuah pengepungan, setelah takluk wilayah ini disebut dengan Neuva Espana (Spanyol Baru).
Alasan yang melatarbelakangi kedatangan Spanyol untuk melakukan kolonisasi dalam bentuk penjajahan di Amerika Selatan/Latin yaitu :
1.      Pengeksplotasian kekayaan yang ada.
2.      Memperkuat perdagangan
3.      Mencari tenaga kerja murah
4.      Political Image, rasial, dan kebudayaan.

*      PENJELAJAHAN BANGSA PORTUGIS DI AMERIKA SERIKAT
Fransicsco Hermandes de Cordoba yang menemukan Yucatan pada 1517 maupun Juan de Gijalva yang sampai di Veacruz pada 1518.Bangsa Portugis telah lebih dahulu dari pada Spanyol dalam memulai eksplorasi daerah-daerah baru.Eksplorasi yang sistematis terhadap "dunia baru" Amerika dilakukan oleh bangsa Portugis yang dipimpin oleh Pangerah Henry atau Prince Henry (1394-1460). Henry berambisi untuk mengembangkan kejayaan Portugal dan oleh karena itu  mendorong setiap penjelajah Portugal untuk melakukan penjelajahan dan menemukan rute baru ke kawasan yang kaya akan rempah-rempah, emas, dan perak. Melalui kepeloporan Henry, bangsa Portugis memperoleh emas dari Afrika dan menjadikan jalur Portugal dan pantai Afrika Barat sebagai jalur perdagangan mereka.
Tahun 1487 Bartolomeu Dias mencapai ujung menemukan Tanjung Harapan. Dan juga seorang marinir Portugal bernama Vasco da Gama (1497-1499), mencapai pelabuhan-pelabuhan India, selain itu dilanjutkan oleh Pedro Alvares Cabral berusaha berlayar ke India, tetapi karena berlawanan dengan arus laut ia kemudian terdampar dan menemukan pantai Brasil dalam tahun 1500. Pencapaian di India disitulah didirikan pangkalan dagang.Tetapi pelabuhan-pelabuhan penting yang dikuasai para pedagang Portugis akhirnya diserahkan pada kekuasaan tahta Spanyol.
Ekspedisi Pedro Alvares Cabral ke Brasil pada tanggal 22 April 1500 merintis kekuasaan bangsa Portugis atas wilayah Amerika Selatan. Para penguasa dan pedagang lokal di daerah yang  didatanginya dan yang tidak mau tunduk pada Portugal diserang dan ditaklukkannya. Kota-kota pelabuhan India, seperti Calicut dan Goa dan pelabuhan Ormuz di Iran diserangnya.Dibawah gubernur Portugal di India, Alfonso Albuquerque (menjabat antara 1509-1515), kota-kota tersebut diserahkan kepada tahta Portugal.
Pada tahun 1526, Diogo Garcia mendarat di sebuah tempat yang saat ini lebih dikenal Santa Catarina.Kolonisasi besar-besaran muncul pada tahun 1530 ketika Bangsa Portugis mengirim ekspedisi Martim Alfonso de Sousa.

           
*      KOLONISASI BANGSA PORTUGIS
Pada awalnya Amerika Selatan sebenarnya kurang menarik bagi Bangsa Portugis, akan tetapi dengan adanya penjelajahan Bangsa Portugis yang dilakukan oleh Pedro Alvares Cabral yang awalnya berlayar ke India, tetapi karena berlawanan dengan arus laut ia kemudian terdampar dan menemukan pantai Brasil dalam tahun 1500 dan di India didirikan pangkalan dagang. Dan ekspedisi Pedro Alvares Cabral ke Brasil pada tanggal 22 April 1500 merintis kekuasaan bangsa Portugis atas wilayah Amerika Selatan. Yang mana para penguasa dan pedagang lokal di daerah tersebut harus tunduk pada Portugal, apabila ada perlawanan akan terjadi penyerangan maupun penaklukan. Dan untuk mengkonsolidasikan dan memperkuat kendali Portugis atas Brasil, pada tahun 1553 Raja John III membentuk 12 sistem kerajaan kecil meskipun hanya Pernambuco dan Sao Vicente yang benar-benar menguntungkan.
Pelabuhan-pelabuhan penting yang awalnya dikuasai para pedagang Portugis akhirnya diserahkan pada kekuasaan tahta antara tahun 1580-1640.Pada saat itu Raja Philip II dari Spanyol berhasil merebut singgasana Portugis dan menguasai seluruh semenanjung Iberia.Raja Spanyol juga menguasai daerah jajahan Portugis di Afrika, Asia dan Amerika.Antara Portugis dan Spanyol kemudian terjadi perjanjian Tordesillas (7 Juni 1494), yang membagi daerah kekuasaan mereka menjadi dua bagian dengan satu garis demarkasi yang berawal dari garis meridian 370 sebelah Barat Kepulauan Cape Varde. Pada Perjanjian Zaragoza (22 April 1529) garis demarkasi diperluas hingga ke Samudera Pasifik, sehingga Portugis memperoleh Filipina namun kemudian ditukar oleh Spanyol dengan daerah Amerika Latin, yakni Brazil yang berada di sebelah barat demarkasi Tordesillas.

*      FAKTOR-FAKTORKOLONISASI PORTUGIS TERHADAP BRAZIL
1.      Menyadari bahwa keuntungan perdagangan di India sudah tidak memadai untuk   menanggung biaya kerajaan yang relatif boros. Pada tahun 1532 didirikanlah pemukiman Portugis yang bersifat permanen di Sao Vicente yang menandakan Portugis mulai serius ingin menguasai Brasil.
2.      Brasil memiliki bahan tambang berupa emas dan kayu celup yang sangat laku di pasaran Eropa.
3.      Dengan kekayaan alam tersebut, bangsa Eropa lain seperti Perancis dan Spanyol menunjukkan minatnya menguasai Brasil. Untuk itu Portugis secepatnya mengikat Brasil sebagai miliknya.

*      PEREKONOMIAN KOLONIAL
Yang mana sudah diketahui bahwa kayu celup atau kaya adalah tujuan komersial awal Bangsa Portugis.Tetapi ada sumber alam lainnya seperti gula tebu adalah salah satu komoditas utama selain kayu pau.Pusat utama produksi gula adalah Pernambuco.Gula adalah kegiatan ekonomi utama di Brasil, pada abad keenam belas dan ketujuh belas. Sebagai koloni eksploitasi, ekonomi Brasil memiliki tiga karakteristik sebagai berikut:
• perkebunan besar
• monokultur, pasar ekspor
• perbudakan (dominasi perbudakan hitam).
Pada akhir abad ke-17 ditemukan kekayaan mineral, seperti Emas yang ditemukan pada 1693 di wilayah pedalaman bagian Minas Gerais, di bagian selatan koloni itu.Penemuan ini menciptakan demam emas besar pertama di benua Amerika membuka pedalaman serta mendukung ekonomi Brasil pada abad ke-18. Berlian juga ditemukan dalam jumlah besar di wilayah yang sama di abad ke-18.

2.6 Nilai-nilai universal dalam penemuan dan penguasaan atas Amerika Latin
a) Semangat dan keberanian para penjelajah mengarungi lautan unuk menemukan daerah baru. Hal tersebut mengajarkan kita agar selalu kreatif dan tertantang untuk menemukan hal-hal baru.
b) Kecintaan bangsa asli Amerika pada bangsanya terutama mempertahankannya dari penjajah.   
c) Semangat persatuan yang harus selalu dijaga agar tidak mudah kuasai dan dipecah belah pihak asing.

*      MASA KOLONISASI INGGRIS DI AMERIKA
Terjadinya Renaisance setelah masa Theokrasi telah mempengaruhi berbagai sendi kehidupan, baik dari bidang ekonomi, social, budaya, intelektual dan hokum.Perubahan terjadi karena semangat rationalism, yang mendengukan ratio / nalar/ pikiran dalam menghadapi dan memecahkan segala masalah.Juga timbulnya semangat nasionalisme yang didukung oleh para raja baik di Perancis, Jerman, Inggris untuk menguasai tanah-tanah milik gereja menjadi trend saat itu.Semangat individualistic yang menolak otoritas rohani dari gereja dan perombakan masyarakat dari system feudal ke sitem masyarakat pedagang dan kapitalistik.
·         Perkembangan dalam Bidang Ekonomi
Pedagang Eropa membentuk organisasi – organisasi yang lazim disebut Gilda, sesuai dengan namanya organisasi ini anggotanya terdiri dari para kaum pedagang.Organisasi ini dibentuk untuk melindungi para pedagang dari ancaman perang dan kekerasan yang terjadi pada abad ke-12.
Memasuki abad ke-13, gilda-gilda ini menjadi berkembang lebih besr, mereka hidup makmur sebagai aristocrat dan eksklusif. Dampak lain yang ditimbulakan dari perkembangan gilda-gilda adalah munculnya kota-kota, yang ditandai dengan berdirinya berbagai jenis industry manufaktur, industry pakaian, dan sebagainya. Munculnya industry skala besar dan kecil menimbulkan peran industriawan dan kaum pedagang menjadi semakin penting dalam perekonomian Negara. Perkembangan yang patut dicatat dalam hal ini adalah pertumbuhan kota-kota dagang dan industry seperti di Florence (italia) sebagai pusat importer pakaian dari luar, terutama wol dari Inggris : Flanders, dikenal sebagai pusat kerajinan : kota Milan (italia) sebagai pusat manufaktur pengerjaan besi : Venesia yang sangat terkenal produksi kain brokatnya : Hamburg (jerman), dan Bordeoux terkenal dengan industry minuman bird an Amsterdam sebagai pusat perdagangan ikan terbesar.
Semakin besarnya pengaruh kaum pedagang dalam tiap Negara maka banyak orang Eropa menyandarkan kehidupannya pada sector ini.Peranan uang menjadi semakin kuat dan menentukan jalanya perdagangan.Untuk mengembangkan modalnya para pedagang mengembangkan modal dan kredit.Disinilah kapitalisme dalam perdagangan berkembang pesat.

·         Perkembangan Dalam Bidang Ilmu Pengetahuan
Factor yang sekiranya dapat untuk menjelaskan tentang perkembangan ilmu pengetahuan pada abad ke-13 sampai dengan abad ke-15 di Eropa, yakni :
1.      Kemajuan ekonomi yang mengesankan dan munculnya kota-kota dagang di Eropa.
2.      Relasi dan komunikasi yang semakin intensif dengan kawasan Byzantium.
3.      Pengaruh peradaban arab, yaitu gairah untuk mempelajari filsafat dan ilmu pengetahuan yang telah berkembang lama di Yunani. Semangat ini berperan besar dalam kebangkitan ilmu pengetahuan yang nanti dikembangkannya Peradaban Kristen – Barat.
Dalam perkembangannya dunia intelektual diwarnai dengan munculnya minat untuk mempelajari karya-karya Aristoteles tentang moral/etika dan filsafat.Salah seorang sarjana yang berhasil menguasai karya-karya Aristoteles adalah Albertus Magnus (1193-1280), Thomas Aquinas (1224-1274) yang belajar dibawah bimbingan Albertus Magnus.Karya besar Thomas Aquinas berjudul Summa Theologi (semacam Ensiklopedi Theologi).
Tokoh intelektual yang perlu mendapat perhatian setelah Alberyus Magnus dan Thomas Aquinas adalah pemikir kelahiran Inggris Roger Bacon (1214-1292).Hasil pemikirannya terwujud dalam karya besarnya Opus Majus atau Greater Work. Dari teorinya ini melahirkan kesadaran dan berkembangnya ilmu tentang : mesin, navigasi, mobil, dan mesin terbang.
Lahirnya berbagai kolose (semacam asrama dengan siswa dan pembimbing tinggal bersama), para siswa dipersiapkan untuk masuk ke Universitas.Dengan demikian kolose merupakan suatu lembaga yang mempersiapkan siswa untuk masuk ke pendidikan universitas.Tahap dan berkembangnya lembaga-lembaga pendidikan yang mencetak kaum intelektual ini, tidak disangkal adalah peran gereja dan kaum usahawan, pedagang yang menjadi kelas baru dalam masyarakat Eropa yang dikenal dengan kaum Borjuis mereka merupakan kelas baru dan berpengaruh dalam masyarakat Eropa.

·         Perkembangan Dalam Bidang Keagamaan
Renaisance dan Rationalisme dan kehidupan dalam gereja memungkinkan terjadinya gerakan reformasi dalam bidang keagamaan. Para pemimpin gereja pad lapisan bawah banyak didominasi oleh kelompok bangsawan yang kurang terdidik. Kaum biarawan-biarawati, dan gereja memiliki tanah yang luas dan sangat subur.Sementara kehidupan awam sangat miskin, sehingga terjadi kesenjangan social yang mencolok diantara kelompok ini.
·         Perkembangan Dalam Bidang Politik
Terjadi pertentangan antara kaum bangsawan dengan raja. Pertentangan ini dipicu pila dengan kebijakan raja Inggris Henry VIII yang dikenal dengan Act of Supremacy. Dalam dekrit tersebut menentukan bahwa setiap pegawai harus mengucapkan setia kepada raja sebagai kepala gereja Inggris.hal ini membuat banyak masyarakat inggris keluar dari Inggris untuk mendapatkan dunia baru yang ditandai dengan kebebasan beragama.
Dinamika kekuatan antara parlemen dan raja silih berganti di Inggris.apabila raja kuat maka parlemen lemah, sebaliknya apabila parlemen kuat maka raja pada pihak yang lemah. Manakala raja Inggris kuat maka kembali pada kekuasaan yang feodalistik otoritarian, dan berpengaruh pada gelombang emigrant keluar Inggris untuk mencari kebebasan politik di dunia baru.

·         Perkembangan Dalam Bidang Sosial
Jacques Godechot, mengemukakan bahwa ada dua jenis struktur social di Eropa. Di beberapa daerah di Eropa petani adalah pemilik tanah, tetapi di tempat lain petani  hanya sebagai pekerja atau bahkan budak para tuan tanah. Tanah-tanah luas dan subur di Eropa kebanyakan dikuasai oleh bangsawan dan gereja.
Meningkatnya populasi penduduk di berbagai negara Eropa memicu timbulnya revolusi. Perkembangan jumlah penduduk berpengaruh terhadap modifikasi ddemografi dan penyebaran penduduk, perubahan ini menimbulkan dua masalah antara lain :
1.      Mata pencaharin, tambahan produksi makanan yang harus seimbang dengan perkembangan penduduk.
2.      Penambahan penduduk diperlukan lapangan pekerjaan yang cukup, sehingga tidak menimbulkan pengangguran dan akan menimbulkan masalah-masalah sosial.
Di Inggris pengaruh revolusi industri memunculkan problem perburuhan, dan ketenagakerjaan. Masalah sosial lain yang muncul adalah masalah urbanisasi dengan segala ddampak yang ditimbulkan. Untuk mengatasi jumlah penduduk yang banyak maka dilakukan emigrasi ke Amerika.

·         Perkembangan Industri Inggris dan Pengaruhnya
Faktor yang menyulut terjadinya revolusi Industri di inggris, antara lain :
1.      Adanya organisasi dengan manajemen yang baik.
2.      Tersedianya tempat kerja yang memadai dan permanen.
3.      Tersedianya alat-alat, baik sarana, prasarana yang canggih dan mekanis.
4.      Tersedianya tenaga ahli dan tenaga-tenaga terampil.
5.      Tersedianya bahan mentah yang cukup untuk kelangsungan industri, sekaligus pasar bagi hasil produksinya.
Revolusi industri dimulai dari bidang pertekstilan, industri tekstil menjadi semacam tradisi dalam kehidupan masyarakat Inggris. Kemudian pada abad XVIII terjadi revolusi dalam pengolahan besi dan baja, faktor yang mendorong berkembangnya industri logam antara lain bahwa di Inggris bahan mentah logam seperti biji besi, batu bara tersedia cukup melimpah.
Perkembangan yang terjadi di Inggris akibat revolusi industri memunculkan kelas baru dalam masyarakat yang bersifat kapitalistik.Minat untuk menanamkan modal di luar negeri seperti ke daerah koloni merupakan suatu usaha ekstensifikasi modal.Gelombang perpindahan emigran Inggris ke Amerika juga terjadi secara besar-besaran terutama bagi mereka yang ingin memperbaiki taraf hidupnya.

*      PERKEMBANGAN KOLONI-KOLONO DI AMERIKA UTARA
Setelah datangnya Colombos di Benua baru banyak berdatangan orang Spanyol dan Prancis di Amerika hingga akhirnya Mexico , Amerika tengah, dan Amerika selama menjadi jajahan Spanyol dan Brazilia menjadi jajahan Portugis.Tinggal Amerika Utara yang belum dikuasai dan mulai abad XVII berdatanglah orang Prancis , Belanda, Inggris saling berebut daerah kekuasaan  Dalam upaya penakhulakannya seperti halnya Spanyol Hernando Cortes terhadap suku Aztek di mexico, Fransisco Pizarro terhadap suku Inca di Peru, Gonzalo Jimenes de Quesada atas Colombia, Pedro de Valdivia atas chili dan Pedro Alvares Cabral dari Portugal terhadap Brasil.

·         Koloni Inggris Yang Dibiayai oleh Kerajaan
Inggris yang datang lebih akhir di pantai Amerika Utara, bangsa Prancis yang telah menduduki New Faunland dan daerah ditepi sungai St Lawrence maka inggris tinggal menyelidiki daerah antara jajahan Prancis dan Spanyol. Disebelah selatan Potomac, sir Walter Ralaigh datang untuk mencari emas tetapi yang ditemukan tumbuhan aneh yang dinikmati asabnya.Raleigh sendiri menjadi penggemar tumbuhan tersebut, yang kemudian lahirlah kebutuhan merokok dan derah itu diberi nama Virginia(tanah gadis)serta dijadikan daerah jajahan , dengan harapan dapat memuliakan raja inggris, sebab ini memberikan prospek yang sangat baik. Kemudian raja Inggris memberika hadiah hak untuk membangun koloni awal.Daerah tersebut ditetapkan sebagai the Virginia Company of London.
·         Koloni yang dibangun atas dasar compact(perjanjian)
Kedatangan Kum puritan di New England dan dikoloni Virginia merindukan suasana kebebasan dalam kehidupan keagamaan yang baik dibawah aturan gereja.
·         Koloni yang dibangun atas dasar Proprietary
Dari 13 koloni yang berhasil dibangun pembentuk bansa Amerika sampai dengan tahun 1775, kecuali Virginia dan New England dibangun atas dasar Proprietorship.Dalam hal ini orang yang diberi hak memiliki dan membangyn sebuah koloni mengatur sendiri koloninya.

*      KEHIDUPAN AWAL PARA KOLONIS
Orang-orang yang datang belakangan dibandingkan  dengan orang Spanyol , Perancis dan Portugis mulai berdatangan di  Amerika pada awal abad XVII. Para pendatang tersebut saling berebut untuk memperoleh daerah pemukiman.Pada waktu perjalanan Sir Walter Raleigh yang datang mencari emas, ternyata yang diketemukan adalah tunmbuhan aneh.Oleh orang Indian setelah digulung, di bakar dan dimasukkan kedalam mulut yang menimbulkan kecanduan (merokok) yang menjadi kegemarannya.

·         Kehidupan Perekonomian Daerah Koloni
Pengenalan akan tembakau oleh penduduk anak negeri ini ternyata digemari juga oleh Raleigh dan orang-orang Eropa termasuk orang inggris. Dalam perkembangannya daerah sepanjang sungai Potomac yang merupakan penghasil tembakau tersebut adalah Virginia. Sekalipun emas yang ditemukann disana, akan tetapi tanaman tembakau merupakan prospek komoditi perdagangan masa depan yang menjanjikan untuk dipasarkan ke negara-negara Eropa.
Kreativitas petualang dalam pemanfaatan dan pengolahan tanah kosong adalah pada mulanya banyak mengalami kesulitan.Daerah yang masih hutan rimba yang subur diperlukan penanganan yang luar biasa dan serius. Pada awalnya sampai dengan tahun ke tujuh banyak yang tidak kerasan tinggal di Amerika, akan tetapi dalam perkembangannya mereka dapat menikmati hidup yang baik berkat usaha kerasnya untuk menaklukan hutan belantara. Para tenaga kerja untuk dipekerjakan di perkebunan-perkebunan tembakau banyak yang didatangkan dari Afrika dan Hindia Barat. Di daerah Selatan seperti Virginia,Georgia, Maryland, Carolina tumbuh sebagai daerah pertanian dan perkebunan. Keberadaan sungai besar seperti Potoimac yang dalam merupakan jalur lalulintas dagang yang sangat menguntungkan.
Perkembangan pertanian dan perkebunan di Amerika pada masa awaltidak lepas juga peranan dari usahawan-usahawan besarvyang ada di negeri induk.Berkembangnya perdagangan dan hubungan antara koloni dengan negeri induk mendorong tumbuh suburnya jaringan dagang. Banyaknya “Agents of  Trade” (agen-agen dagang) dibuka, para pedagang datang dan pergi ke Amerika dengan bahagia, karena keuntungan mereka yang besar.kemakmuran yang dicapai oleh para kolonis berkat alamnya yang subur, kerja keras, ulet dan semangat pantang menyerah.
Sampai dengan tahun 1750 terjadi triagulasi pedagangan yang harmonis antara kolonis diAmerika- Inggris dan Afrika. Jaringan dagang yang sangat baik tersebut terutama untuk komoditimanufaktur seperti: Wine, (minuman anggur), Fruit (buah-buahan), Tabacco (tembakau), Rice (gandum), Salt (garam), Fish (ikan daging),  Textil (kain-kapas), dan Indigo (nila pewarna) serta hasil hutan seperti kayu dari Amerika sangat bagus kualitasnya untuk galangan kapal.

·         Peternakan
Dalam bidang peternakan, di Amerika tersedia padang rumput yang sangat luas. Para pemburu harta banyak yang memulai usahanya dari nol. Mereka akhirnya dapat menemukan sumber-sumber baru kehidupan di dunia baru. Di bagian barat dengan tektur tanah yang terdiri dari kombinasi tanah padang pasir, merupakan padang rumput yang sangat luas dan subur. Hewan ternak seperti sapi banyak sekali dijumpai di Amerika.
Dalam sejarah peternakan sapi yang mengaggumkan di wilayah barat adalah “Texas longhorn” (sapi bertanduk panjang) dari Texas.Diyakini hewan-hewan ini berasal dari nenek moyangnya bangsa Spanyol, dan mempunyai tubuh yang besar merupakan penghasil daging yang banyak. Sapi-sapi jenis longhorn dikenal sebagai sapi liar dan setelah berhasil ditangakap kemudian ditandai dengan menggunakan cap atau tanda pengenal lainnya.
Lambang kebanggaan para pengembala sapi di padang rumput hijau nan luas yang hampir tak terhingga luasnya disebut “Cowboy”. Senjatanya menjadi lambang kebandelan dan kepercayaan diri yang khas. Sementara itu untuk sapi-sapi di wilayah Timur para peternak Eropa  biasanya memanjakan ternak mereka. Ternak-ternak tersebut dipelihara seperti model Eropa, diberi makan, dimandikan, dikandangkan. Menurut certita para koboi sapi-sapi yang banyak dipelihara di daerah Timur tersebut “Shorthorn” (sapi bertanduk pendek) dan jinak.Hasil peternakan mereka dalam perkembangannya menjadi sangat menguntungkan, selain daging, kulitnya juga susunya.

·         Pendidikan  di Daerah Koloni
Para kolonis Amerika hidup atas dasar etika Kristen.Mas-sachusetts Bay Colony mempunyai perhatian yang sangat besar dalam bidang pendidikanbagi anak mereka. Di kota ini setiap 50 keluarga, mendirikan sekolah dengan guru laki-laki dengan pelajaran utama : membaca, menulis, dan aritmatika. Sedangkan untuk setiap 100 keluarga membangun “Grammar School” (sekolah bahasa), sebagai persiapan pendirian sebuah College (sekolah menengah).
Dalam tahun 1636, di Massachusset pada pemukiman awal telah memikirkan perlunya sekolah bagi anak mereka.Di sinilah lahirnya Harward Collage, di perguruan inilah banyak anak-anak petani yang dididik dalam ilmu hukum.Lain halnya dengan yang terjadi di New England, para kolonis tidak secepat Massachusset dalam mengusahakan persekolahan.
Antara tahun 1746 sampai dengan 1769, berdiri beberapa lembaga pendidikan seperti: Collage of New Yerssey (Princeton), University of Pennsylvania, King’s Collage di Colombia. Dengan pertemuannya dengan kebudayaan dan etniklain membentuk “American Nations Charter” (watak bangsa Amerika).


·         Imigran Bangsa-Bangsa Diluar Orang Inggris
Amerika Serikat merupakan komunitas yang besar dengan etnik yang majemuk.Dari sekian banyak komunitas yang terbesar dan paling berpengaruh adalah yang berasal dari Great Britain (Inggris Raya) yang kental dengan budaya Anglo Saxon. Setiap etnik antara satu dengan yang lain berbeda, ia dipengaruhi oleh faktor-faktor lokasi, asal mula, kondisi saat mereka datang, keterampilan dan kebudayaan serta pola pikirnya.
Pengusiran terhadap orang-orang Indian sering kali dilakukan oleh para pendatang Eropa.Pada masa revolusi kemerdekaan orang Indian ini memihak Inggris.Keberpihakan terhadap Inggris dilatar belakangi karena pada hakekatnya takut kehilangan wilayahnya. Setelah revolusi kemerdekaan selesai, dengan berbagai cara orang-orang kulit putih melakukan pengusiran baik secara legal maupun ilegal terhadap masyarakat Indian. Pertentangan antara kulit putih dengan Indian biasanya diselesaikan dengan suatu perjanjian dimana perjanjian tersebut seringkali merugikan orang Indian.Perjuangan untuk mempertahankan diri dari tekanan para pendatang sering terjadi pertempuran.Namun karena tingkat kemampuan mereka kalah, akhirnya kalah dan sepakat berunding dengan pihak orang kulit putih atau pemerintahan Amerika Serikat.
Orang Irlandia merupakan etnik minoritas terbesar pertama di kota-kota Amerika.Orang-orang yang berasal dari Irlandia pada masa awal banyak yang tidak dapat berbahasa Inggris, hal ini menyulitkan orang Irlandia pada masa awal.Daerah hunian terbesar bagi etnis asal Irlandia di daerah Pennsylvania, lembah Shenandoah di Virginia, wilayah Piedmon di Carolina.Mata pencaharian utama adalah petani yang bebas, teetapi mereka bukan pemilik perkebunan atau budak.
Orang-orang belanda berhasil membangunsebuah koloni New Amsterdam yang nantinya menjadi New York pada tahun 1620.Sedang Etnis Jerman mempunyai pengaruh dalam kehidupan Amerika cukup besar. Bahasa Jerman banyak digunakan untuk nama fasilitas umum, pohon natal merupakan tradisis Jerman yang selanjutnya diadopsi di Amerika. Pada masa revolusi kemerdekaan peran orang-orang etnis Jerman memberikan sumbangan yang berarti.Mereka dikenal sebagai prajurit yang memiliki tradisi militer yang tangguh.
Orang Yahudi yang datang di Amerika pada masa kolonial adanya golongan orang yahudi Sephradik, yang sudah berabad-abad meninggalkan tanah leluhurnya dan menyebar kenegara-negara Eropa. Salah satu yang menarik untuk dicermati adalah, bahwa bangsa Yahudi mempunyai pengalaman yang sama sebagai bangsa minoritas dengan perlakuan yang kurang baik. Pada abad ke-17, kebijakan pemerintah Inggris di koloni Amerika memberi kebebasan yang lebih besar terhadap orang yahudi.Jumlah orang Yahudi yang berada di Amerika makin lama makin banyak terutama pada abad ke-19.
Orang Italia yang datang ke Amerika berasal dari bagian selatan, daerah ini merupakan tanah agraris, pedesaan dan mereka hidup sederhana dan melarat.Ciri khas orang Italia adalah hidup dengan sangat sederhana dan hemat, mereka kurang memperhatikan keperluannya sendiri.
Kehidupan etnis China di Amerika dapat mengubah kehidupan-nya secara spektakuler.Mereka dapat hidup, berhasil dan lebih makmur dibandingkan dengan warga China yang tetap tinggal di negeri induknya.Seringkali dengan melihat keberhasilan etnis China membuat orang kulit putih merasa iri. Hubungan antara Amerika dengan China mulai efektif terutama adanya keterkaitan akan sutera yang memiliki kualitas tinggi yang dibawa oleh pedagang yankee.
Kehidupan awal orang China di Amerika, biasanya mereka adalah buruh kontrak.Orang China dikenal sebagai pekerja pertanian yang ulet, tekun dan rapi.Pada umumnya mereka sebagai tenaga kerja yang murah menurut pandangan Amerika.Dalam perkembangan selanjutnya etnis ini ditakuti sekaligus dibenci oleh orang-orang Amerika sebagai sesama pekerja.


*      MIGRASI BANGSA INGGRIS DAN PRANCIS KE AMERIKA UTARA
Jamestown merupakan wilayah koloni pertama Inggris yang dibangun di Amerika Utara.Kedatangan bangsa ini tak bisa dilepaskan dari kondisi Inggris yang semakin memburuk setelah terjadi revolusi Industri, tekanan ekonomi yang hebat karena terjadi modernisasi dalam melakukan produksi.Banyaknya pengangguran menyebabkan terjadinya migrasi yang besar-besaran ke Amerika Utara.Kebebasan beragama turut menjadi isu penting ketika raja Henry VII (1509-1547), dengan mengakui aliran Angelican dalam agama Kristen yang ditandai dengan munculnya gereja nasional. Pengakuan terhadap sekte ini menyebabkan adanya tekanan terhadap sekte puritans yang bersandar pada kemurnian agama kristen. Tekanan keagamaan membuat kaum puritanstersebut berkeinginan untuk menyelenggarakan kehidupan beragama yang bebas, kebebasan hanya dapat mereka temukan di tanah yang baru, bukan di Inggris dimana mereka ditekan habis-habisan oleh pemerintah saat itu.
Pemerintah Inggris juga melakukan penindasan kepada bangsa Ir (Eire) yang menganut katholik.Bangsa Ir mendiami wilayah Irlandia (vasal Inggris), tekanan politik antara Inggris dan Irlandia semakin memperkeruh keadaan.Bangsawan Inggris yang banyak memiliki tanah di Irlandia menaikkan harga sewa tanah yang tinggi, sehingga bangsa Ir banyak tidak mampu untuk membayar, hal tentu meningkatkan angka pengangguran.Ketiadaan perwakilan bangsa Ir di parlemen Inggris, membuat bangsa Ir semakin tertindas, karena tidak ada yang membela hak-hak mereka. Mengikuti jejak kaum puritans, bangsa Ir melakukan migrasi dengan tujuan yang sama. (adanya pola yang sama antara bangsa Inggris dan Ir, yaitu tekanan pemerintah dan ekonomi)
Migrasi pun dilakukan secara besar-besaran, ke dunia baru. Dengan harapan akan bisa terlepas dari penindasan politik, kebebasan beragama, dan mendapatkan kehidupan ekonomi yang lebih di tanah yang subur Amerika.
Kedatangan Prancis ke Amerika Utara pertama kali disebabkan oleh penyelidikan terhadap para petualang, Giovanni Verrazarro (1524) yang menyelidiki alur menuju Hindia.Dengan adanya penyelidikan ini, membuat terbukanya jalan bagi migran Prancis menuju tanah harapan yang baru (dalam hal ini bisa dikatakan adalah Kanada).
Motivasi kedatangan bangsa Prancis yang melakukan migran didorong oleh penindasan pemerintah terhadap kaum Protestan.Sama seperti di Inggris, Pemerintah Prancis mengakui sekte Katholik dan memberikan tekanan terhadap sekte Protestan ketika itu.Tekanan ini berujung pada perang yang dikenal dengan perang Hogenut.Bangsa Prancis yang menganut Protestan disebut dengan kaum Hogenut.Bangsa Prancis yang melarikan diri dari perang ini, menuju Amerika Utara sebagai pengungsi.Tujuan mereka adalah untuk mendapatkan kebebasan moral dalam menjalankan agamanya, tanpa berada di bawah tekanan keagamaan (Katholik) terutama yang dilakukan oleh pemerintah.

{ 8 komentar... read them below or Comment }

  1. SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
    HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<






    SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
    HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<

    BalasHapus
  2. menarik sekali,naru dimulai dengan imigraasi bangsa2 Eropah ke Amerika Utara dan Selatan.hendak mencari rahsia ebab2 imigrasi antar bangsa Eropah saat ini antar bangsa Eropah sesama non mjuslim.nsbnm.

    BalasHapus
  3. way outnya mudah.Allah berfirman dalam AlQr'an:Bumi Allah luas,tidak perlu sampai bentrok berperang.nsbnm.

    BalasHapus
  4. way outnya mudah.Allah berfirman dalam AlQr'an:Bumi Allah luas,tidak perlu sampai bentrok berperang.nsbnm.

    BalasHapus
  5. Sama dengan hidup di korea utara, semua informasi dibuat untuk propaganda.

    BalasHapus
  6. entah dapet sumber dari mana,,, tapi makasih artikel nya yang lengkap ini. sangat membantu dari pada harus beli buku

    BalasHapus
  7. sumbernya di masukn lain kali ya bro. cuma saran

    BalasHapus
  8. Ini kok nyangkut pautkan dengan agama muslim . Sekalian aja manusia pertama adalah muslim dan semuanya serba muslim jadi penemu

    BalasHapus

Popular Post

- Copyright © 2013 Dhevy Ratnasari Blog -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan | Distributed by Rocking Templates -