Posted by : Unknown Senin, 26 Mei 2014


Nama                   : Dhevy Ratna S
NIM           :120210302095
KELAS      : B

GARIS BESAR SEJARAH AMERIKA

1.      Judul buku                  : Garis Besar Sejarah Amerika
2.      Pengarang                   : Dr. Wood Gray dan Dr. Richard Hofstadter
3.      Jumlah Halaman          : 224 halaman 
Perihal isi buku
Garis besar sejarah amerika berisi penjelasan dan kumpulan fakta sejarah yang telah dialami oleh Negara Amerika Serikat mulai zaman Kolonial sampai Amerika di dunia. Buku ini memiliki 8 Bab. Bab tersebut Antara lain adalah :
1.      Zaman Kolonial
2.      Perang Kemerdekaan
3.      Pembentukan pemerintahan nasional
4.      Perluasan ke barat dan perbedaan regional
5.      Bentrokan antar wilayah
6.      Zaman perluasan dan reformasi
7.      Pertikaian di luar negri, perubahan sosial di dalam negri
8.      Amerika di dunia
Kelebihan dan kekurangan buku
Meskipun buku ini tergolong bagus dari segi ini, tentu ada kelebihan dan kekurangan buku. Kelebihannya Antara lain sejarah yang diuraikan disajikan secara kronologis dan bukti-bukti sejarah berupa foto peristiwa yang terjadi. Mengenai kekurangan buku. Pada dasarnya tidak terlalu signifikan hanya saja foto yang ditampilkan dalam buku berwarna hitam putih sehingga tidak menimbulkan kesanyang menarik bagi pembaca

BAB I
ZAMAN KOLONIAL
Pada awal tahun-tahun 1600an terjadi gelombang perpindahan yang besar  dari Eropa ke Amerika Utara. Selama lebih dari tiga abad, gerakan ini berkembang dari beberapa tetes ratusan kolonis Inggris menjadi banjir berjuta pendatang baru. Didesak oleh alasan-alasan pendorong yang kuat dan beragam, mereka membina suatu peradaban baru diatas sebuah benua yang mulanya liar
Para Imigran pertama dari inggris ke tempat yang sekarang bernama Amerika Serikat itu menyeberangi  Samudra Atlantik lama setelah koloni-koloni Spanyol yang makmur didirikan di Meksiko, Hindia barat, dan Amerika selatan. Mereka menyebrang dengan kapal-kapal kecil yang penuh sesak.Selama perjalanan berlangsung selama 12 minggu mereka hidup dengan persediaaan makanan yang minim sehingga banyak diantara mereka yang sakit bahkan meninggal.
Tanah sudah dihuni meskipun secara alamiah tanahnya memang sangat kaya, perdagangan dengan Eropa masih amat penting guna mengimpor barang-barang yang belum dapat dihasilkan oleh para pemukim.Guna keperluan itu didaerah pesisir berfaedah sekali bagi para imigran. Disepanjang pantai terdapat teluk dan tempat berlabuh
Mencari kebebasan beragama dimana selama pergolakan-pergolakan agama di abad ke 16 dan ke 17, sekelompok pria dan wanita yang dinamakan golongan Puritan  berusaha untuk merombak Gereja Resmi Inggris dari dalam. Pada dasarnya mereka menuntut protestanisasi yang lebih menyeluruh terhadap gereja nasional, dan menganjurkan bentuk kepercayaan dan ibadah yang lebih sederhana.Gagasan reformasi mereka, yang merusak keutuhan gereja Negara, merupakan ancaman untuk memecah-belah rakyat dan merorongrong wibawa raja.Tapi kaum Puritan bukan satu-satunya kelompok kolonis yang digerakkan oleh alasan-alasan agama.Kekecewaan William Penn beserta rekan seimannya dari aliran Quaker atas nasib mereka di Inggris, menyebabkan mereka pergi mendirikan koloni Pennsylvania.
Sedikit yang mampu membayar ongkos perjalanan merka sekeluarga dan untuk memulai lagi kehidupan ditanah baru.Bagi yang tidak mampu biaya hidup dan pengangkutan dibayar oleh perusahaan agen koloni semacam Virginia Company dan Massachusetts Bay Company, sebagai imbalannya para pemukim bersedia bekerja untuk badan-badan keagenan tersebut selaku buruh kontrak. Banyak dari mereka yang datang ke Dunia Baru dibawah pengaturan begini secara menyadari bahwa berhubungan mereka diharapkan akan terus menjadi pelayan atau kuli kontrak, maka sebetulnya keadaan mereka tidak lebuh baik dari pada seandainya mereka tinggal di rumah saja.
Peleburan bermacam kebudayaan dimana para imigran yang datang dari Jerman, Irlandia, Skotlandia, Swia dan Prancis dan Inggris tidak lagi menjadi sumber utama imigrasi.Pada umunya para kolonis yang bukan orang Inggris menyesuaikan diri dengan kebudayaan kaum pemukim yang terdahulu.Tapi ini bukan berarti bahwa para pemukim itu merubah diri mereka menjadi orang Inggris, tetapi mereka memang menggunakan Bahasa dan hukum Inggris serta adat kebiasaan bangsa Inggris, tetapi hanya terbatas sejauh unsur-unsur itu telah diubah oleh kondisi Amerika.Hasilnya adalah suatu kebudayaan yang khas campuran dari Inggris dan Eropa daratan yang telah dibentuk kembali oleh lingkungan Dunia Baru.
Agama yang ketat menguasai New England dimana selama 10 tahun pertama datang 65 orang pendeta, dan disebabkan oleh keyakinan para pemimpinnya yang mendalam dalam berkembanglah teokrasi di Massachusetts. Secara teoritis gereja dipisahkan dari Negara, tetapi dalam kenyataanya kedua unsur  itu terpadu, dengan semua lembaganya dibawahkan oleh agama.
Pengaruh Belanda tetap ada terhadap New York yaitu gaya hidup yang sangat berlaianan daripada yang ada di Buston Puritan. Di New York, hari besar ditandai dengan berpesta dan beriang gembira. Dan banyak dari tradisi Belanda misalnya berkunjung ke rumah tetangga pada tahun baru dan kebiasaan gaya hidup ini bertahan selama bertahun-tahun.
Pertanian menguasai daerah selatan dimana yang menjadi pusat perdagangan daerah selatan adalah Carolina dengan Charleston sebagai kota pelabuhan utamanya. Disana kaum pemukiman dengan cepat dapat menggabungkan pertanian dan perdagangan dan pasar menjadi sumber kemakmuran utama.Hutan-hutan lebatjuga banyak menghasilkan penghasilan.
Sekolah dan kebudayaan tumbuh subur dimana di setiap koloni-koloni berbeda. Di koloni daerah tengah berhubung terlalu sibuk dengan kemajuan materiil sehingga kurang memperhatikan soal-soal pendidikan, maka new York jadi jauh lebih ketinggalan. Salah satu koloni yang paling kiat dalam pendidikan adalah Pennsylvania dengan didirikan sekolah pertama yang mengajarkan ilmu membaca dan menulis.
Kekuasaan asing mulai runtuh dengan cara kekuasaan mutlak dari luar telah dipatahkan. Langkah pertama berupa keputusan London Company untuk memberikan perwakilan bagi para kolonis Virginia dalam pemerintahannya.Tahun 1618 perusahaan itu mengeluarkan instruksi kepada gubernur yang ditunjuknya yang menyatakan agar para penduduknya bebas dari para perkebunan-perkebunan dan dengan gubernurnya membuat peraturan-peraturan guna kesejahteraan koloni.
Dengan berat hati Inggris mengalah dengan dihadapkan oleh ancaman penolakan yang akan mengakibatkan perpindahan besar-besaran para anggauta perusahaan mengalah, dan control pemerintahan beralih ke tangan wakil-wakil yang dipilih. Koloni-koloni berikutnya hanya menyatakan bahwa mereka sama sekali berada diluar jangkauan  pemerintah, dan dengan mendirikan system politik mereka sendiri dengan mencontoh dari kaum di Plymouth, juga berhasill mendapatkan pemerintahannya sendiri.
BAB II
PERANG KEMEERDEKAAN
Perang kemerdekaan Inggris dan amerika diawali tahun 1763,koloni-koloni tumbuh secara luas dalam kekuataan ekonomi dan prestasi  kebudayaanya, dan hamper semuanya telah mempunyai pengalaman pemerintahannya sendiri selama bertahun tahun. Pada tahun 1762, britania Raya belum merumuskan suatu garis politik yang tegas bagi daerah-daerah koloninya dan pandangan utamanya adalah pandangan merkantilis yang teguh bahwa koloni-koloni harus menyediakan barang mentah kepada barang induk.
Daerah depan menggalang kepercayaan diri dimana para kolonis pewaris tradisi bangsa Inggris tentang perjuangan panjang demi kemerdekaan politik memasukkan konsep kemerdekaan ke dalam piagam Virginia yang pertama yang menyatakan bahwa kaum koloni Inggris harus menikmati segala kebebasan, hak, serta kekebalan yang sma seandainya mereka lahir dan berdiam di wilayah inggris.
Bentrokan anatara wilayah Inggris dan Prancis dimanas ejak lama orang Inggris sudah menentang  apa  yang mereka anggap sebagai  pelanggaran Prancis. Sudah semejak tahun 1613 meletus bentrokan-bentrokan setempat antara para kolonis Inggris dan Prancis. Akhirnya terjadi perang Raja William, Perang Paltin di Eropa, Perang Anne, Perang Perebutan tahta Spanyol, Perang Raja Goorge, Perang Perebutan tahta Austria.
Tanda-tanda persatuan yang pertama melalui kongres Albany itu ternyata mencapai lebih banyak dari pada tujuannya semula untuk memecahkan masalah Indian saja.Kongres ini menyatakan bahwa sebuah persatuan tokoh-tokoh kolino Amerika.
Kaum kolonis melawan akibat yang lebih gawat ditimbulkan oleh kebijaksanaan keuangan yang baru dari pemerintah Inggris yang membutuhkan lebih banyak uang guna memelihara imperium yang semakin bertumbuhan
Pemungutan pajak tanpa perwakilan dipermasalahan bukan hanya pajak-pajak itu sendiri yang menimbulkan kerisauan di antara kau saudagar New England melainkan fakta bahwa benar-benar diambil tindakan guna memaksakan penguatan.
Persekataan pajak mereda dimana kegusaran yang diakibatkanoleh pelaksanaan pajak-pajak Townshend tidak seorang yang ditimbulkan oleh Undang-undang Prangko.
Kaum Patriot membakar semnagat “pesta teh” bostondimana perusahaan itu memutuskan untuk menjual tehnya lewat para agennya dengan harga murah dengan itu penyelundupan menjadi tidak menguntungkan dan juga merontokkan  kaum pedagang bebas koloni.
Inggris menindas koloni dan yang lainnya datang membantu,Kongres memperdebatkan kemerdekaan berita mengenai Lexington dan Concord menyebar dari satu ke lain daerah ketigabelas koloni. Dalam 20 hari ia telah menggalang suatu semangat bersama patriotisme Amerika dari Maine sampai Georgie.
Resolusi semakin keras setelah berjalan beberapa bulan, kesulitan melancarkan perang dalam keadaan masih menjadi bagian dari imperium Inggris semakin nyata.Koloni-koloni mengesahkan deklarasi kemerdekaan yang diresmikan pada tanggal 4 Juli 1776 itu tidak hanya mengumumkan kelahiran sebuah Negara baru, tetapi juga menghasilkan filsafat kemerdekaan manusia yang akan menjadi kekuatan dinamis diseluruh barat.
BAB III
Pembentukan Pemerintah Kolonial
Dalam pembentukan pemerintah kolonial dimana keberhasilan revolusi memberikan kesempatan kepada orang amerika guna menyusun suatu bentuk hukum bagi cita-cita politik.Negara baru menghadapi masalah-masalah dimana setelah berakhirnya revolusi amerika harus menghadapi persoalan lama daerah barat yang belum terpecahkan yaitu masalah imperium.Timbulnya konsep pemerintahan yang baru dimana perjuangan melawan Inggris telah banyak mengubah sikap koloni-koloni 20 tahun yang lalu.Para pemimpin menghendaki pemisahan kekuasaan dimana banyak timbul pengaruh keyakinan bahwa harus didirikan tiga cabang yaitu legislative, eksekutif, yudikatif.Prinsip-prinsip sudah diuji dimana prinsip pemisahan kekuasaan yang sudah dikenal oleh kebanyakan pemerintahan koloni itu telah diuji dengan baik dalam sebagian besar konstitusi Negara bagian dan terbukti cukup sehat.Washington merencanakan dengan bijaksana.Dua pendirian yang awet bersaing dimana mengangkat Thomas Jefferson Mentri luar negeri, dan mengangkat bekas pembantunya dalam revolusi Alexander Hamilton mendirikan lembaga yudikatif federal. Gagasan demokratis  Jefferson pemimpin populeryang berbakat, secara mantap dapat mengerahkan untuk berdiri dibelakangnya sejumlah  besar petani kecil, pemilik took dalam pemilihan umum tahun 1800. Perang kedua melawan Inggris. Perjanjian Ghent mengakhiri perang yang menetukan dihentikannya perusuhan dan dikembalikan daerah  dan dibentuk komisi.

BAB IV
PERLUASAN KE BARAT DAN PERBEDAAN REGIONAL
Kapas menimbulkan perbudakan yang sampai pada saat itu tidak menjadi  perhatian umum. Faktor utama adalah bangkitnmya usaha besar penanaman kapas di selatan yang digalangkan oleh pengenalan jenis-jenis baru. Kemerdekaan amerika latin pada tahun 1822 dibawah tekanan kuat dari rakyat, Presiden Monreo memperoleh kekuasaan untuk mengakui Negara-negara baru antara lain kolombia, meksiko. Amerika menetang ancaman Eropa.Jackson seorang presiden yang kuat dan terpaksa berhadapan dengan Negara bagian South Carolina mengenai persoalan tarif protektif.Prinsip ini unggul, Pergolakan politik memanaskan Negara tahun 1829 ketika Jackson menjadi presiden, suatu arus kegelisahan dan kerusuhan melanda seluruh dunia barat. Kebudayaan dan industri  memperlihatkan gairah baru selama bertahun tahun itu, semangat keyakinan diri nasional terungkap dalam membanjiri karya sastra.
BAB V
BENTROKAN ANTAR WILAYAH
Perbudakan semakin mengeras dalam tubuh ekonomi karena adanya keuntungan besar dari pemasaran hasil kapas yang berhasil dikantongi oleh para penguasa daerah utara.Perdebatan mengenai perbudakan makin memuncak selagi mereka berjuang melawan desakan pemikiran utara, para pemimpin politik dan kaum ahli. Pertikaian saudara semakin mendekat dimana mereka yang mengira bahwa masalah perbudakan akan dapat terpecahkan dengan sendirinya. Jurang perselisihan bertambah dalam, Lincoln menyerang perbudakan dimana Abraham menggangap perbudakan sebagai sebuah kejahatan. Perang saudara pecah dimana pihak selatan  tidak mengacuhkan dan pada tanggal 12 april dengan menembakkan meriam-meriam ke Benteng Sumter di pelabuhan Charleston. Pertempuran berdarah di timur dan barat dimana pada awal perang awal sebagian besar angkatan laut berada ditangan Uni, tetapi ia terpencar-pencar dan lemah. Gelombang pasang dan surut dimana presiden  Lincolin mengeluarkan suatu proklamasi  emansipasi yang membebaskan budak-budak dinegara bagian pembrontakan dan mengajak mereka untuk menggabungkan diri dengan pasukan bersenjata dari utara.  Tanpa dendam kepada siapapun dalam pidato pelantikan Lincolin yang kedua ditutup dengan kata-kata ini, tanpa dendam kepada siapapun : dengan kebijakan bagi siapapun. Pandangan bertentangan mengenai pembangunan kembali. Sisa peperangan  dukungan  publik yang semakin beras saja terhadap anggota-anggota Kongres yang berpendapat bahwa kaum Negro harus diberi hak-hak kewargenagaraan sepenuhnya dalam bulan Juli 1866.
BAB VI
ZAMAN PERLUASAN DAN REFORMASI
Industri betambah besar dimana Andrew Carnegie adalah orang yang berjasa untuk kemajuan besar dalm produksi baja. Kota kota dan masalah–masalah  berkembang baik dimana dalam tata industry kota yang mengumpulkan semua sector ekonomi menjadi pusat kehidupan dengan penumpukan modal yang luas dan desa-desa yang menarik orang dari pedalaman dari negeri sebrang laut tumbuh menjadi daerah yang kecil. Di daerah barat terbuka kesempatan-kesempatan dimana hampir seluruh Negara telah terbagi bagi kedalam Negara bagian dan wilayah-wilayah.Mesin dan ilmu pengetahuan membantu petani meskipun terjadi kemajuan-kemajuan besar dibidang industry, pertanian tetap menjadi kegiatan pokok dari bangsa ini.Kaum petani menghadapi hidup keras biarpun terjadi kemajuan yang menyolok para petani Amerika mengalami berulang kali masa keras karena factor dasar yang terlibat kehausan tanah, dan berubah ubahnya alam.Kaum populis mengajukan uang gampang dimana awalnya Amerika serikat menggunakan standard dua jenis logam yaitu pemerintah siap menjadikan semua emas serta perak yang dapat dibikin mata uang menjadi dollar. Spanyol kalah perang dan kehilangan koloni dimana Spanyol menguasai pulau Kuba yang terletak disemenajung Florida, dimana perdagangan Amerika serikat terjalin ramai dan tahun 1895 amarah Kuba yang semakin besar tehadap tirani Negara induk akhirnya meledak dalm perang kemerdekaan. Kritik soal jadi meluas . Reformasi menolong rakyat biasa dimana kebanyakan kota-kota besar dan lebih dari separoh Negara bagian telah menetapkan delapan jam kerja sehari dalam bidang pekerjaan umum. Roosevelt bertindak untuk menyelamatkan sumbner kekayaan dimana pengawetan.Sumber-sumber alam Negara, penghentian terhadap penghisapan boros atas bahan-bahan mentah dan pengambilan kembali bidang-bidang luas tanah yang dibangkalaikan, merupakan hasil-hasil terpenting dari zaman Roosevelt.
BAB VII
Pertikaian di luar negri dan perubahan social didalam negri
Pertikaian diluar negeriAmerika memasuki perang dunia 1 setelah tanggal 2 April 1917, setelah 5 kapal amerika ditenggelamkan.Wilson meminta kepada Kongres izin unruk mempermaklumkan perang.Seketika pemerintah Amerika mulai mengarahkan sumber militer, industry dan buruh.Pada bulan Oktober 1918 pasukan Amerika yang berkisar 1.750.000 sudah berada di Prancis. Perdamaikan disusul oleh isolasionisme dimana Wilson berharap bahwa persetujuan terakhir akan bersifat suatu perdamaian yang telah dirundingkan tapi ia cemas bahwa semanagat yang sudah dibakar oleh peperangan akan menyebabkan para sekutunya memaksakan tuntutan-tuntutan yang sangat keras. Politik konservatif beradaa diatas sesuai dengan menonjolnya kemakmuran setidaknya di daesrah perkotaan Amerika politik pemerintahan Amerika dalam tahun-tahun 1920an sangat konservatif. Amerika dalam tahun 1920an dimana pad tahun 1920 terjadi pembatasan terhadap imigran menandai perubahan penting , perubahan social didalam negeri dalam kebijaksanaan politik Amerika. Roosvelt memerangi depresi dimana ketika rakyat mulai siuman dari goncangan pertamanya dan mulai mencari keterangan, mereka menemukan berbagai kecenderungan yang tidak sehat dibawah kulit kemakmuran tahun 1920an. Jaminan social diberlakukan  dimana ancaman  penggangjran serta ketrgantungan diri dihari tua yang  sejak lama menjadi bahan perbincangan public, mendorong dikeluarkannya undang-undang  jaminan social tahun 1935. Program-program New Deal yang lain dimana pada umunya usaha-usaha New Deal dilaksanakan di bawah kencaman keras bukan hanya dari partai republik, tetapi juga dari partai demokratik sendiri. Negara-negara diktatur melepas perang dunia II dimulai  Jerman, Italia serta Jepang meneruskan agresi mereka sehingga kekhawatiran Amerika menjadi sebuah kemarahan dan pada tahun 1938 hitler mencaplok Austria ke wilayah Jerman. Amerika Serikat memasuki peperangan ketika pemerintah Vichy mengizinkan Jepang untuk mrnduduki wilayah sisa di Indo Cina, Amerika serikat membekukan harta kekayaan Jepang. Sekutu menggalahkan kekuatan AXIS pada tahun 1942 pasukan Inggris berhasil mematahkan arus desakan Jerman ke arah Mesir  dan mendesak kembali Jendral Jerman Erwin Rommel ke Tripoli. Perang berakhir dimana paada 14 agustus 1945 dengan dijatuhkan bom di hirosima dan Nagasaki , perang dihentikan dengan mendadak Pada tanggal 2 september 1945 Jepang menyerah dengan resmi

BAB VIII
Amerika di dunia
Zaman atom  adalah suatu masalah nasional penting yang tidak hanya terbatas di Amerika saja tetapi adah pengembnagan serta pengendalian tenaga atom. Pembangunan kembali setelah perang dan dibenua-benua tersebut muncul negara-negara baru, Negara-negara di Eropa yang megalami kalah perang mengalami kesulitan-kesulitan ekonomi. Perang korea terjadi pada petengahan tahun 1949, Amerika serikat memindahkan bagian terbesar pasukan-pasukannya dan tanggal 25 juni 1950, tentara korea utara melintas garis paraler ke 38 dan menyerang korea selatan. Zaman McCarthy dimana pada tahun 1940-1950an ketika diungkapkan bahwa beberapa simpatisan komunis mempunyai kedudukan dalam pemerintahan.Zaman Eisehnhower dimana membahas tentang masalah-masalah dalam negeri pemeritahan Eisenhower menganut politik yang dilukiskan sebagai Republikanisme modern. Perkembangan-perkembangan di Asia dimana pemerintahan pertama Presiden Eishnhower mulai melangkah dalam suasana harapan dan bulan Juli 1953 korea utara menghadapi jalan buntu militer di Korea dan menandatangani genjatan senjata dengan komando PBB dan secara resmi mengakui pembelahan korea. Usaha-usaha kerarah kerjasama yang damai dimana Amerika serikat menciptakan dana pinjaman pembangunan untuk membantu menyediakan bagi Negara-negara sedang berkembang dengan modalyang mereka perlukan. Krisis Hongaria dan Suez disebabkan oleh Sovyet Nikita yang tiba-tiba mengutuk dictator Josef Stalin yang sudah mati sebagai tiran yang kejam dan pengutukan itu menyebabkan rakyat yang dikuasai Negara uni soviet diEropa Timur menuntut kebebasan lebih besar dalam pengelolaan urusan dalam negri. Krisis-krisis di Taiwan dan Berlin dimana terjadinya penembakan Eisenhower memperingatkan bahwa amerika serikat tidak bakal mundur bila menghadapi agresi militer bersenjata namun bangsa Cina terus menyatakan akhir mereka unruk memperluas kedaulatan mereka atas Taiwan.Castro mulai berkuasa di Kuba setelah Fidel Castro berhasil menggulingkan pemerintahan dictator kuba Fulgencio Batista. Kennedy dan usaha perintisan baru dimana pada saat menjadi presiden Kennedy menyerukan hal yang baru yaitu  kennedy adalah pemimpin yang baru yang sangup untuk melihat kedepan dan tongak pemerintahan sudah diserahkan ke generasi baru. Kemajuan kaum negroAmerika dimana dalam tahun 1960an terjadi penghapusan diskrimanisi ras yang menyebabkan kemajuan. Sebelah selatan perbatasan Amerika Serikat dimana pada bulan Oktober 1982 bahwa secara diam-diam pemerintah Castro telah mengizinkan Uni Soviet untuk menempatkan pangkalan peluru kendali ofensif ditanah Kuba. Negara-negara baru timbul di Afrika Disebrang atlantik dari Amerika latin, rakyat Afrika sedang menggabungkan diri kedalam keluarga dunia Negara-negara mulai dari Sudan, Maroko, thunisia, Ghana. Ketegangan Internasional terus berulang di Asia tenggara serangan-serangan gerilya dalam negri yang meningkat mengancam pemerintah-pemerintah yang ada di Laos dan Vietnam selatan. Usaha-usaha kearah perdamaian dunia pada saat Kennedy dilakukan penandatanganan persetujuan larangan nuklir terbatas.Masa Johnson disaat presiden Kennedy berakhir sangat tragis dengan ditembak orang dari Texas kemudian jabatannya dialihkan kepada Lyndon B Jonshon yang merupakan pilihan pribadi Kennedy untuk jabatan wakil presiden.Kepresidenan Nixon-Ford dimana Nixon diangkat sebagai presiden amerika serikat ke 37 dimana Nixon 2 kali menjabat sebagai wakil presiden. Gerald Ford sebagai presiden setelah Ricahrd Nison mengundurkan diri dimana ia akan meneruskan politik-politik presiden terdahulu yang telah disetujui secara luas. Kepresidenan Jimmy Jarter dimana awal dia menjabat sebagai presiden amerika langsung berhadapan dengan kenyataan-kenyataan sehari hari politik Amerika.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

- Copyright © 2013 Dhevy Ratnasari Blog -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan | Distributed by Rocking Templates -